Jenis-jenis Hunian Yang Ada Di Indonesia

Rumah menjadi hunian tempat tinggal sekaligus karena investasi yang tepat terutama bagi yang menyukai investasi di bidang properti. Alasan mengapa rumah menjadi investasi yang menguntungkan, karena nilainya yang tinggi dan terus naik dari tahun ke tahun. Seperti diketahui, hunian rumah di Indonesia ada banyak jenisnya. Rumah sendiri terdiri dari bentuk yang beragam dengan pembuatan menggunakan material yang berbeda-beda pula.

Selain itu rumah juga dibuat tidak selalu memijak di atas tanah karena keterbatasan lahan dan harga tanah yang jauh lebih mahal. Lalu apakah Anda tahu ada berapa jenis rumah di Indonesia?

Jenis Rumah Di Indonesia

Berikut ini beberapa jenis rumah yang ada di Indonesia akan jelaskan secara singkat.

1. Rumah Tapak

Yang pertama ada jenis rumah tapak tahu disebut juga dengan rumah tunggal. Rumah tapak biasanya dibuat terpisah antara satu rumah dengan rumah lainnya, namun di zaman sekarang karena harga tanah yang mahal membuat rumah tapak dibuat menjadi rumah gandeng atau rumah deret.

Ciri khas dari rumah tampak adalah bangunannya langsung menapak ke tanah dan biasanya rumah jenis ini memiliki hak kepemilikan bersifat tunggal.

2. Town House

Townhouse adalah rumah yang berbentuk kompleks perumahan dengan jumlah unit yang terbatas. Rumah jenis ini biasanya ada di tengah kota dengan sistem mirip seperti rumah cluster. Di mana rumah jenis ini dilindungi dengan pagar atau tembok.

Sementara untuk fasilitas penunjang townhouse yang disediakan cukup lengkap seperti misalnya ada kolam renang, tempat gym sampai jogging track.

Ciri khas rumah town house adalah dibangun teratur dengan jumlah yang terbatas dan sistemnya tertutup atau one get system. Dengan sistem seperti ini maka membuat rumah tipe town house sangat aman, karena tidak sembarangan orang bisa masuk ke komplek perumahan. Untuk desain dari rumah tipe town house mewah dan nyaman namun biasanya tidak boleh direnovasi untuk tampilan depan rumah. Area rumah townhouse biasanya merupakan perumahan eksklusif yang dipenuhi untuk kebutuhan ekspatriat dan kaum elit.

3. Cluster

Kemudian ada rumah jenis cluster yang biasanya di dalam komplek perumahan dibagi menjadi beberapa sub kompleks. Sub kompleks ini memiliki tipe yang sama dengan fasilitas umum, yang sama pula. Cluster dilengkapi juga dengan arena bermain untuk fasilitas seluruh warga komplek.

Rumah tipe cluster juga memiliki ciri khas yaitu menggunakan pagar tinggi dan merupakan tipe perumahan tertutup, seperti rumah town house. Selain memiliki ciri khas menggunakan pagar tinggi rumah cluster juga dikenal dengan sistem rumah terbuka yakni tidak menggunakan pagar.

Rumah cluster memiliki jumlah unit yang lebih banyak dibanding townhouse. Jika rumah town house hanya maksimal terdapat 30 unit rumah saja untuk cluster memiliki unit hingga 80 sampai ratusan cluster.

4. Rumah Kopel

Rumah adalah jenis rumah yang hanya dipisahkan oleh satu dinding saja dengan penampilan rumah yang sama dan ukurannya juga. Rumah kopel banyak ditemukan di area Jawa barat khususnya Bandung dan Garut. Rumah kopel dari penampilannya seperti satu rumah dibagi 2 namun jenis rumah ini ditinggali oleh orang yang berbeda.

5. Apartemen

Untuk jenis apartemen termasuk ke dalam rumah yang dibangun dengan blok bangunan bertingkat. Di dalam apartemen terbagi menjadi sejumlah ruang dan kebanyakan dibangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai fasilitas publik. Setiap ruangan apartemen disebut sebagai unit yang memiliki tipe berbeda-beda.

Apartemen memiliki fasilitas yang cukup banyak dan juga lebih lengkap. Semua fasilitas yang ada, tentu bisa dimanfaatkan bersama oleh setiap penghuni.

6. Kondotel

Kondotel atau kondominium hotel adalah masih merupakan jenis apartemen yang fasilitasnya mirip hotel. Kondetel awalnya populer di Amerika serikat sebagai bangunan mewah milik perorangan seperti apartemen. Ketika pemilik condotel tidak menempati bangunan tersebut maka biasanya disewakan.

Saat ini kondotel mulai dibangun di beberapa kota besar seperti di Bali dan Jakarta untuk kategori Indonesia.

7. Rumah Susun

Rumah susun sering juga diartikan sebagai apartemen sederhana di mana bangunannya bertingkat dan dikategorikan juga dalam jenis hunian. Rumah susun menjadi alternatif bagi yang tidak memiliki lahan pemukiman khususnya untuk daerah perkotaan.

Saat ini rumah susun banyak dibangun di area Jakarta dan masuk ke dalam kategori, program rumah murah.

Selain itu terdapat juga jenis rumah lainnya yaitu rumah toko, rumah kantor, indekos, kontrakan, jenis hunian TOD atau hunian masa kini dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang membutuhkan hunian baik untuk dibeli sebagai tempat tinggal dan properti maka bisa mencarinya pada situs properti terapan di Indonesia yaitu Kilo.id.

Terus properti terdepan ini juga melayani sewa berbagai hunian dari berbagai tipe dan ukuran. Mulai dari sewa hunian untuk rumah, kontrakan, kos-kosan hingga apartemen. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi situs properti terdepan di Indonesia ini yaitu  rumah.com.